:Rimba Raya:

Friday || MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI, SESUNGGUHNNYA SEDANG MENGINVESTASIKAN SESUATU UNTUK MASA DEPANNYA.

INTRO :
Organisasi adalah wadah kerjasama bagi sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan, dimana setiap orang yang terlibat didalamnya, dituntut untuk berusaha mencapai tujuan itu, dengan bekerjasama antara satu dengan yang lain. Dalam organisasi, kita akan menjumpai banyak orang (anggota) dengan banyak karakter. Di dalam organisasi juga pasti akan kita temui struktur kepengurusan dan peraturan-peraturan yang mengikat orang-orang didalam organisasi itu sendiri. Jadi, pada dasarnya organisasi sama dengan kehidupan bermasyarakat.
Dalam kehidupan bermasyarakat, kita juga menemukan ketiga elemen yang merupakan syarat-syarat berdirinya organisasi, sebagaimana tersebut diatas, yaitu orang, struktur, dan peraturan. Yang membedakan organisasi dengan kehidupan bermasyarakat hanyalah tujuannya. Organisasi memiliki tujuan yang spesifik yang harus diperjuangkan oleh setiap anggotanya, sedangkan dalam kehidupan bermasyarakat, kita pasti menemukan tujuan pribadi, tujuan kelompok dan tujuan general yang lebih umum.

-------

Sejak dua tahun yang lalu, semangatku untuk berorganisasi sangat tinggi. Banyak kegiatan-kegiatan yang menurutku mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitasku sebagai seorang mahasiswa kristen, kudapat dari berorganisasi (khususnya GMKI). Karena begitu semangatnya berorganisasi, aku tidak pernah merasa rugi untuk menomorduakan kegiatan lain, demi mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa kudapat dari organisasi.
Menurutku, manfaat nyata dari berorganisasi tidak bisa serta-merta kita dapatkan secara instan-langsung. Kita harus mau mencari kesempatan untuk belajar banyak di organisasi. Bila perlu, mengorbankan kegiatan lain yang menurut pertimbangan kita, tidak merugikan untuk ditinggalkan dari pada kita menyia-nyiakan kesempatan yang ditawarkan organisasi.
Dengan berorganisasi, seorang mahasiswa akan menemukan kecakapannya untuk bekerja sama dengan orang lain, bahkan dengan orang yang belum dikenalnya sekalipun. Hakikat bekerjasama itu sendiri adalah mampu memahami dan menerima orang lain sebagaimana adanya dirinya, sehingga jika ada kelemahan yang menonjol dari orang tersebut, mampu kita tutupi, bahkan jika perlu mampu kita ubahkan. Tanpa berorganisasi, maka mustahil seorang mahasiswa mampu memahami hakikat kehidupan, yaitu memberi dan menerima.
Aku percaya bahwa berorganisasi (khususnya ketika mahasiswa) adalah investasi masa depan. Perubahan pola pikir, perilaku, IQ, EQ dan SQ menuju hal yang lebih positif, pasti akan kita dapatkan dengan berorganisasi (tinggal menunggu waktu saja). Perubahan tersebut tidak terlalu nyata pada masa awal, namun akan semakin nyata kita rasakan pada masa-masa yang akan datang, setelah kita mulai meninggalkan status sebagai seorang mahasiswa dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat secara umum.
Berorganisasi harus “basah” atau aktif (jangan setengah hati). Tanpa keaktivan dan kerelaan untuk mengorbankan sesuatu, maka lebih baik mahasiswa itu duduk diam, tidak usah berorganisasi dan tetap berada pada level amannya, dimana dia merasa nyaman menjalani kehidupan ini, tanpa adanya tantangan-tantangan baru yang harus dihadapi. Mahasiswa yang seperti ini adalah orang-orang yang tidak akan pernah maju dan menjadi unggul.
Aku memiliki keyakinan penuh bahwa dengan tetap berada pada level aman, maka aku sama saja seperti makna kata sebuah pepatah: “bagaikan katak di bawah tempurung”. Level aman yang aku maksudkan disini adalah posisi dimana aku hanya mempunyai kegiatan dan rutinitas “itu-itu aja”, tanpa mau mencoba untuk memiliki kegiatan dan rutinitas baru melalui kesempatan untuk beraktivitas dengan hal-hal lain yang positif dan mampu memunculkan ataupun meningkatkan potensi dan kreatifitas yang ada di dalam diriku.
Sebagai seorang mahasiswa yang sadar akan statusnya, kita tentu tidak akan mau tetap berada pada level aman. Level aman dimana kita merasa nyaman menjalani kehidupan ini. Ujian pertama bagi seorang mahasiswa untuk beranjak dari level aman itu adalah aktif berorganisasi. Sebagai seorang yang menyandang status “Agent of change”, mahasiswa sudah seharusnya aktif berorganisasi. Sebab bagaimana mungkin seorang mahasiswa bisa membawa perubahan, jika dirinya sendiri tidak mau berubah!.


PERWIRA RIMBA |1:35 PM
========================================================


:jeritan rimba raya:

Teringat puluhan tahun silam, Negeriku penuh dengan hutan rimba. Setiap jengkalnya ada rahmat Tuhan, ada kedamaian, ada kebahagiaan, untuk manusia dan untuk semua mahluk hidup yang ada di dalamnya.

Rimbaku adalah paru-paru dunia, berikan udara segar tanpa pernah minta dibayar. Berikan ribuan liter air bersih dengan rasa kasih. Berikan tanah subur, agar hidup kita jadi makmur. Berikan semua yang dia punya kepada kita manusia, tanpa pernah mengharap bintang balas jasa.

Namun beberapa waktu kemudian keadaan telah berubah. Disana-sini terjadi keserakahan. Ada orang-orang tidak bertanggung jawab ingin kuasai dunia dan menghalalkan segala macam cara. Hutan-hutan dibabat dan dibumihanguskan, hewan-hewan dibinasakan, diburu dan dipenjarakan.

Setiap detik, setiap menit, setiap detak jantung dan denyut nadiku, kudengar ribuan pohon dalam hutanku bertumbangan, menggelegar bagaikan suara petir, pecahkan gendang telingaku. Suara gergaji mesin nyanyikan nada-nada kepunahan, untuk bangsa-bangsa satwaku. Mereka berlari, mereka menjerit, mereka ketakutan. Namun kemana mereka akan pergi...?. Mungkinkah mereka bersembunyi dalam jurang kepunahan di sana...?

Lihat...! Coba kita lihat... Saksikan tanah-tanah tandus dan gersang itu. Itu dahulu adalah surga satwaku. Namun kini, surga itu terganti oleh kebun-kebun sawit yang kering kerontang. Tak ada sungai mengalir di sana. Pohon-pohon rindang di sana, telah lama jadi tunggul-tunggul arang yang hitam. Diam, dan tak akan pernah berbisik lagi.

:about me:


  • Name: Mulyadi Pasaribu
  • A.K.A.: Adi, Moel, MP3
  • Birth: Jakarta, Dec 3rd 1982
  • Religion: Christian
  • Hobbies: Attempting New Things
  • Personality: Friendly & Active
  • Affiliation: Youth Movement & Conservation
  • :contact:

  • Address 1: Jl. Karya Wisata Medan 20143, Sumatera Utara
  • Address 2: Jl. Medan Km. 6 No. 68 Pematang Siantar 21143, Sumatera Utara
  • Mobile: +62 81 533 737 533
  • Campus: Forestry Department - University of North Sumatra
  • e-mail: co_rimba@yahoo.com
  • mIRC: co-rimba
  • Friendster: Rimbawan Kecil
  • Milis: sylva_indonesia & id-inform
  • :latest activity:

    Volunteer for Sumatran Orangutan Society-Orangutan Information Centre (SOS-OIC) Medan, North Sumatra

    Ketua GMKI Komisariat Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara

    Koordinator Kelompok Kerja Informasi dan Komunikasi Tim Riset Partisipatif GMKI Cabang Medan

    Koordinator Sylva Indonesia Forum Regional I Aceh-Sumut

    :blooming:

    :past:

    :links 2 me:

    [X] Friendster Profile
    [X] Friendster Blogs
    [X] GuestBook
    [X] Forums

    :links:

    [X] Youth Christian
    [X] Environment
    [X] Orangutan
    [X] Sylva Indonesia

    Youth in Action

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    Support Green Peace





    :tagboard:

    :credits:

    Powered by Blogger

    [X] Blogger
    [X] BlogSkins
    [X] Clone

    Listed on BlogShares

    :others:

     

    ASAH OTAK

     

    Topik :

     

    Nama

    Taman Nasional

    di Indonesia