:Rimba Raya:

Tuesday || PERAN DAN FUNGSI (PELATIHAN KEPEMIMPINAN)

Bayangkan bahwa saudara adalah komandan satuan khusus PAS - 11. Saat ini anda mendapatkan tugas untuk berpatroli di kaki gunung Sinabung, sebuah daerah yang agak rawan. Bersama saudara ikut serta 8 anak buah saudara yang tergolong sebagai prajurit dengan kualifikasi komando.
Pagi ini saudara mendapat berita radio bahwa seorang pejabat penting telah disandera oleh tiga orang teroris dan besar dugaan ia disekap di salah satu gua di gunung Sinabung yang terkenal sulit didaki. Mereka bersembunyi di gua tersebut untuk menunggu bantuan teman-temannya yang diperkirakan akan muncul dalam jangka waktu 3 - 4 hari. Bila rekan-rekan mereka sempat bergabung dengan ketiga teroris ini, maka kemungkinan menyelamtakan sandera akan kecil sekali. Oleh karena itu, saudara memutuskan untuk segera membebaskannya.
Selama beberapa saat, saudara ragu-ragu untuk menentukan beberapa orang yang akan saudara kirimkan mengingat saudara tetap membutuhkan beberapa anak buah untuk melaksanakan tugas pokok saudara. Kalau mengingat jumlah teroris hanya tiga orang, sebenarnya anda cukup mengirimkan salah satu anak buah anda, karena tiap-tiap anak buah anda adalah prajurit pilihan. Tapi mengingat mereka sedang menyandera pejabat penting, anda juga memperhitungkan keselamatan pejabat itu. Di samping, itu anda belum tahu banyak tentang kondisi para teroris ini. Apa saja persenjataan mereka, bagaimana sifat-sifat mereka, di gua mana mereka bersembunyi, dsb.
Anda mungkin perlu mengintai mereka satu dua malam untuk mengumpulkan informasi atau mungkin anda juga melakukan serangan mendadak untuk mereka. Anda juga bingung memikirkan bagaimana cara mencegah teman-teman teroris itu bergabung dengan mereka yang sudah ada di gua. Anda belum tahu bagaimana para teroris tersebut berkomunikasi dengan teman-teman mereka. Semua masih serba tidak pasti, tapi anda harus membuat keputusan.

DAFTAR SERDADU :
1. Letnan Indra, 34 tahun, lulusan akademi militer , DAN III pergurun karate kala hitam, tegas, taktis, berwibawa, dan menonjol dalam hal kepemimpinan. Disegani seluruh teman kecuali oleh Kopral Pramu.
2. Letnan Fandi, 38 tahun, diskorsingdai akademi militer di tahun pertama karena kurang disiplin, tetapi semua mengakui bahwa dia cerdas. Punya keahlian khusus dalam hal bahan peledak.
3. Sersan Ade, 45 tahun, pendiam, ahli melempar pisau, dan terhitung salah seorang penembak jitu yang cukup punya nama. Merupakan orang kepercayaan Letnan Fandi. Mempunyai dua keahlian yang sukar ditandingi yaitu merayu wanita dan memecahkan sandi berita radio.
4. Sersan Pandu, 40 tahun, tinggi besar, kuat bagai raksasa, Jagoan untuk urusan berkelahi satu lawan satu. Sanggup membunuh musuh hanya dengan sekali pukul. Daya tahan fisik luar biasa walaupun dari segi intelegensia kurang menonjol. Ahli mendaki gunung.
5. Kopral Adjie, 35 tahun, tenang, penuh perhitungan. Belakangan ini sering sakit. tidak banyak bicara, lebih senang bekerja sendiri. Ahli menyamar dan menirukan suara-suara binatang di hutan. Mengenal baik daerah yang sekarang dijadikan persembunyian agen musuh.
6. Kopral Januarsyah, 27 tahun, gesit, cerdas, walau agak emosional. Bicara apa adanya, tidak takut mati dan selalu menawarkan diri menjadi ujung tombak serangan dadakan. Keistimewaaannya adalah ingatan yang luar biasa, dan mempunyai pendengaran yang sangat tajam.
7. Kopral Pramu, 30 tahun, pemarah, pemabuk, tidak sabaran, suka menentang atasan. Seorang penembak mahir, belum ada tandingannya. Dia juga seorang ahli obat-obatan tradisional. Punya permusuhan pribadi dengan Sersan Ade karena persoalan wanita. Dia dijuluki si kucing, karena sanggup diam berjam-jam mengawasi musuh. Sangat berguna untuk persoalan penyerangan sembunyi-sembunyi.
8. Kopral Yudi P, 37 tahun, penembak cepat yang tidak ada duanya. Patuh pada perintah khususnya perintah untuk membunuh musuh. Sanggup tidak tidur tiga hari penuh tanpa kehilangan kecepatan reaksi. Senjata andalannya adalah pistol revolver dengan enam butir peluru. Sukar diatur kecuali oleh Letnan Indra.

PERTANYAAN :
1. Bila anda hanya mengirimkan satu di antara ke delapan anak buah anda, siapa yang anda pilih ? Siapa pilihan anda yang kedua, ketiga dan seterusnya ? Buatlah daftar peringkat/rangkingnya !
2. Bila anda harus membentuk regu yang terdiri dari lima orang, siapa-siapa saja yang anda pilih ?
Kalau kamu dah milih, silakan post ke comment dibawah tulisan ini. Mungkin aku bisa nerangin sedikit kemampuan kepemimpinan kamu :). Jangan lupa kasih e-mail kamu, biar bisa kita diskusikan lebih dalam.


PERWIRA RIMBA |11:30 PM
========================================================


:jeritan rimba raya:

Teringat puluhan tahun silam, Negeriku penuh dengan hutan rimba. Setiap jengkalnya ada rahmat Tuhan, ada kedamaian, ada kebahagiaan, untuk manusia dan untuk semua mahluk hidup yang ada di dalamnya.

Rimbaku adalah paru-paru dunia, berikan udara segar tanpa pernah minta dibayar. Berikan ribuan liter air bersih dengan rasa kasih. Berikan tanah subur, agar hidup kita jadi makmur. Berikan semua yang dia punya kepada kita manusia, tanpa pernah mengharap bintang balas jasa.

Namun beberapa waktu kemudian keadaan telah berubah. Disana-sini terjadi keserakahan. Ada orang-orang tidak bertanggung jawab ingin kuasai dunia dan menghalalkan segala macam cara. Hutan-hutan dibabat dan dibumihanguskan, hewan-hewan dibinasakan, diburu dan dipenjarakan.

Setiap detik, setiap menit, setiap detak jantung dan denyut nadiku, kudengar ribuan pohon dalam hutanku bertumbangan, menggelegar bagaikan suara petir, pecahkan gendang telingaku. Suara gergaji mesin nyanyikan nada-nada kepunahan, untuk bangsa-bangsa satwaku. Mereka berlari, mereka menjerit, mereka ketakutan. Namun kemana mereka akan pergi...?. Mungkinkah mereka bersembunyi dalam jurang kepunahan di sana...?

Lihat...! Coba kita lihat... Saksikan tanah-tanah tandus dan gersang itu. Itu dahulu adalah surga satwaku. Namun kini, surga itu terganti oleh kebun-kebun sawit yang kering kerontang. Tak ada sungai mengalir di sana. Pohon-pohon rindang di sana, telah lama jadi tunggul-tunggul arang yang hitam. Diam, dan tak akan pernah berbisik lagi.

:about me:


  • Name: Mulyadi Pasaribu
  • A.K.A.: Adi, Moel, MP3
  • Birth: Jakarta, Dec 3rd 1982
  • Religion: Christian
  • Hobbies: Attempting New Things
  • Personality: Friendly & Active
  • Affiliation: Youth Movement & Conservation
  • :contact:

  • Address 1: Jl. Karya Wisata Medan 20143, Sumatera Utara
  • Address 2: Jl. Medan Km. 6 No. 68 Pematang Siantar 21143, Sumatera Utara
  • Mobile: +62 81 533 737 533
  • Campus: Forestry Department - University of North Sumatra
  • e-mail: co_rimba@yahoo.com
  • mIRC: co-rimba
  • Friendster: Rimbawan Kecil
  • Milis: sylva_indonesia & id-inform
  • :latest activity:

    Volunteer for Sumatran Orangutan Society-Orangutan Information Centre (SOS-OIC) Medan, North Sumatra

    Ketua GMKI Komisariat Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara

    Koordinator Kelompok Kerja Informasi dan Komunikasi Tim Riset Partisipatif GMKI Cabang Medan

    Koordinator Sylva Indonesia Forum Regional I Aceh-Sumut

    :blooming:

    :past:

    :links 2 me:

    [X] Friendster Profile
    [X] Friendster Blogs
    [X] GuestBook
    [X] Forums

    :links:

    [X] Youth Christian
    [X] Environment
    [X] Orangutan
    [X] Sylva Indonesia

    Youth in Action

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    Support Green Peace





    :tagboard:

    :credits:

    Powered by Blogger

    [X] Blogger
    [X] BlogSkins
    [X] Clone

    Listed on BlogShares

    :others:

     

    ASAH OTAK

     

    Topik :

     

    Nama

    Taman Nasional

    di Indonesia