:Rimba Raya:

Wednesday || NASEHAT SUPAYA BERSATU DAN MERENDAHKAN DIRI SEPERTI YESUS KRISTUS (FILIPI 2:1-11)

Dalam perikop ini Paulus mengajarkan kepada jemaat-jemaat di Filipi untuk merendahkan hati dan merendahkan diri di hadapan Allah dan dihadapan manusia. Paulus menuntut supaya setiap jemaat Allah untuk sehati sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan. Allah tidak menyukai orang yang mencari dan memperhatikan kepentingan sendiri atau pujian yang sia-sia. Sebaliknya Allah sangat mencintai orang-orang yang menganggap orang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri dan mau memperhatikan kepentingan orang lain juga.

Yesus Kristus pun turun ke bumi sebagai seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia. Dia tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Dalam keadaan sebagai manusia, Dia selalu merendahkan diri-Nya dan tetap setia sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Dia rela mengosongkan diri-Nya (Kalo kata orang gerakan "nol kan"). Sedangkan Yesus Tuhan yang kita sembah mau untuk me-nol-kan diri-Nya demi orang lain. "Bagaimana dengan kita...???". Yang sering kita dengar malah kebalikannya. Secara kita sadari maupun tidak, kita selalu berusaha meninggikan diri kita dan dengan sengaja berusaha untuk me-nol-kan orang lain.

Relevansi antara nats dalam perikop ini dengan kehidupan kita sekarang, terutama dalam konteks kita ber-GMKI adalah banyak terjadi perbedaan diantara kita yang tidak jarang menimbulkan sentimen negatif, bahkan dapat menimbulkan perpecahan diantara sesama. Pengkotak-kotakan atas nama komisariat merupakan bumerang akibat kesalahan di masa lalu. Bahkan tidak jarang Cabang yang merupakan perpanjangan tangan Pengurus Pusat dan merupakan mandataris dari Konfercab dianggap elit komisariat sebagai kompetitor. Setiap pribadi memang mempunyai latar belakang, sifat dan sudut pandang yang berbeda. Namun bukan berarti perbedaan itu harus menghalangi kita untuk bekerja bersama dan sama-sama bekerja demi tercapainya tujuan The Founding Father kita untuk membentuk suatu wadah kaum intelektual muda kristen yang bernama GMKI.

Tim Riset Partisipatif yang masih seumur jagung pun menyadari hal ini dan mencoba untuk lebih menghargai satu sama lain dengan menyatukan hati dan pikiran untuk mencapai tujuan bersama. Tim yang awal dibentuknya bertujuan untuk menyatukan hati dan pikiran dari seluruh komisariat ini, pada perjalanannya ternyata hanya tinggal diikuti oleh beberapa orang yang direkomendasikan dari beberapa komisariat saja. Ikatan emosional yang telah terjalin antara sesama anggota tim sempat hampir putus karena adanya perbedaan-perbedaan. Untungnya sebagian orang yang masih mau peduli cepat menyadari hal ini dan mencoba untuk mempersatukan kembali hati dan pikiran yang hampir pecah. Metode yang paling ampuh untuk mempersatukan hati dan pikiran kita adalah dengan kegiatan kerohanian. Bidang yang satu ini sudah cukup lama terlupakan oleh kita masing-masing.

Sebagai orang kristen, kita harus ingat pesan dari Tuhan Yesus kepada semua domba-Nya dalam nats-nats terakhir dari perikop ini "Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah Bapa!". Apa yang tersirat dalam nats tersebut adalah tujuan kita hidup di bumi ini. Ini merupakan tanggung jawab kita yang paling hakiki dan tidak bisa ditawar lagi. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus menanggalkan segala perbedaan yang ada pada kita pribadi lepas pribadi. Akhir kata Tinggilah iman kita, tinggilah ilmu kita dan tinggilah pengabdian kita. Ut Omnes Unum Sint, Syaloom.......

Resume PA Tim Riset Partisipatif GMKI Cabang Medan (03 Juni 2004)


PERWIRA RIMBA |1:16 PM
========================================================


:jeritan rimba raya:

Teringat puluhan tahun silam, Negeriku penuh dengan hutan rimba. Setiap jengkalnya ada rahmat Tuhan, ada kedamaian, ada kebahagiaan, untuk manusia dan untuk semua mahluk hidup yang ada di dalamnya.

Rimbaku adalah paru-paru dunia, berikan udara segar tanpa pernah minta dibayar. Berikan ribuan liter air bersih dengan rasa kasih. Berikan tanah subur, agar hidup kita jadi makmur. Berikan semua yang dia punya kepada kita manusia, tanpa pernah mengharap bintang balas jasa.

Namun beberapa waktu kemudian keadaan telah berubah. Disana-sini terjadi keserakahan. Ada orang-orang tidak bertanggung jawab ingin kuasai dunia dan menghalalkan segala macam cara. Hutan-hutan dibabat dan dibumihanguskan, hewan-hewan dibinasakan, diburu dan dipenjarakan.

Setiap detik, setiap menit, setiap detak jantung dan denyut nadiku, kudengar ribuan pohon dalam hutanku bertumbangan, menggelegar bagaikan suara petir, pecahkan gendang telingaku. Suara gergaji mesin nyanyikan nada-nada kepunahan, untuk bangsa-bangsa satwaku. Mereka berlari, mereka menjerit, mereka ketakutan. Namun kemana mereka akan pergi...?. Mungkinkah mereka bersembunyi dalam jurang kepunahan di sana...?

Lihat...! Coba kita lihat... Saksikan tanah-tanah tandus dan gersang itu. Itu dahulu adalah surga satwaku. Namun kini, surga itu terganti oleh kebun-kebun sawit yang kering kerontang. Tak ada sungai mengalir di sana. Pohon-pohon rindang di sana, telah lama jadi tunggul-tunggul arang yang hitam. Diam, dan tak akan pernah berbisik lagi.

:about me:


  • Name: Mulyadi Pasaribu
  • A.K.A.: Adi, Moel, MP3
  • Birth: Jakarta, Dec 3rd 1982
  • Religion: Christian
  • Hobbies: Attempting New Things
  • Personality: Friendly & Active
  • Affiliation: Youth Movement & Conservation
  • :contact:

  • Address 1: Jl. Karya Wisata Medan 20143, Sumatera Utara
  • Address 2: Jl. Medan Km. 6 No. 68 Pematang Siantar 21143, Sumatera Utara
  • Mobile: +62 81 533 737 533
  • Campus: Forestry Department - University of North Sumatra
  • e-mail: co_rimba@yahoo.com
  • mIRC: co-rimba
  • Friendster: Rimbawan Kecil
  • Milis: sylva_indonesia & id-inform
  • :latest activity:

    Volunteer for Sumatran Orangutan Society-Orangutan Information Centre (SOS-OIC) Medan, North Sumatra

    Ketua GMKI Komisariat Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara

    Koordinator Kelompok Kerja Informasi dan Komunikasi Tim Riset Partisipatif GMKI Cabang Medan

    Koordinator Sylva Indonesia Forum Regional I Aceh-Sumut

    :blooming:

    :past:

    :links 2 me:

    [X] Friendster Profile
    [X] Friendster Blogs
    [X] GuestBook
    [X] Forums

    :links:

    [X] Youth Christian
    [X] Environment
    [X] Orangutan
    [X] Sylva Indonesia

    Youth in Action

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    Support Green Peace





    :tagboard:

    :credits:

    Powered by Blogger

    [X] Blogger
    [X] BlogSkins
    [X] Clone

    Listed on BlogShares

    :others:

     

    ASAH OTAK

     

    Topik :

     

    Nama

    Taman Nasional

    di Indonesia